Sunday, April 29, 2012

Cara Menghilangkan Sifat Cuek

Pada postingan kali ini saya akan membahasa Cara Menghilangkan Sifat Cuek, Tips ini saya dapat dari teman saya di Facebook yang membuat catatan dan di share ke temen-temen..Langsung saja ya teman.


Cara Menghilangkan Sifat Cuek Bermacam-Macam , Diantaranya:
1. Sadar Diri.
Anda harus selalu sadar dan tahu apa yang sedang Anda kerjakan, apa yang ingin / telah Anda katakan. Biasanya orang cuek selalu masa bodoh dengan apa yang dia lakukan, hingga kadang-kadang tindakannya menyinggung perasaan orang lain dengan tak sengaja. Kalau mau ngomong, berbuat, Anda harus memikirkan konsekuensi dan kira-kira apa reaksi orang di sekitar Anda. Jadi, jangan asala berbuat dan cuek dengan lingkungan. Langkah pertama ini bisa membantu menghilangkan sifat cuek.


2. Empati
Empati adalah merasakan apa yang orang lain rasakan. Kalau orang disekitar Anda lagi marah, Anda harus berusaha merasakannya / tahu perasaan dia. Hingga Anda menghindari tindakan yang bisa bikin dia makin marah. Kalau keluarga Anda sedang kesepian, Anda harus menemani dia. Bagaimana cara tahu dia kesepian? Anda harus mulai menciptakan empati, dengan cara belajar mengidentifikasikan raut wajah / gestur orang. Misal, gestur orang kesepian adalah membungkukan kepala dan badan. Kalau sudah tahu begitu, JANGAN BERSIKAP CUEK. tapi temani dia.


3. Memikirkan orang lain
Dengan anda tak egois dan berusaha memikirkan orang lain, pasti cap cuek yang melekat pada diri Anda perlaha-lahan akan hilang. Misalnya, sewaktu Anda di mall, Anda INGAT dengan anggota keluarga atau teman, sekali-sekali belikan BARANG BERHARGA dair mall itu. Itu menandakan Anda peduli dengan mereka. Lalu saat berbicara dengan orang lain, jangan asal ngomong, tapi saring omongan kita agar tak ada yang menyakiti perasaan orang. Biasanya, orang cuek selalu bicara semau jidat mereka.


4. PEDULI dengan MASALAH SEKITAR
Jangan jadi menarik diri atau tak mau tahu tentang apa yang terjadi di lingkungan. Kalau ada masalah, jangan cuma mendengarkan atau berpangku tangan. Tapi, berilah IDE atau MASUKAN yang benefit. Hilagkan sifat gak mau tahu itu. Anda HARUS tahu dan berusaha ikut serta dalam kejadian sekitar.


5. MENDENGARKAN
Kalau ada family atau teman Anda ingin bicara atau curhat, jangan bersikap cuek atau tak tertarik dengan ucapan mereka. DENGARKAN secara tulus, timbulkan EMPATI Anda di sini. Dengan begitu, Anda bisa memberi input yang bernefit kepada orang yang curhat sama Anda. Dia pasti anggap Anda peduli dengan dia.


Mungkin itu dulu dari saya tentang cara menghilangkan cara cuek.
jangan lupa mampir lagi ya di blog saya.

3 komentar:

Anonymous said...

kayak mana sih cara yang gampang untuk menghilangkan sifat cuek ini

gamers said...

Mungkin blog ini bermanfaat untuk orang lain ,^_^

NONTON FILM ONLINE said...

trimakasih saya suka tulisan anda semoga bermanfaat

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di Kuruss blog ini ^^
Jika ada link mati dan penjelasan di setiap posting belum dimengerti juga silahkan komentar di bawah ini agar saya dapat membantu anda